Menu

Apple Gunakan Teknologi Laser

0 Comment


Maxshoestrade.com – Pihak Apple telah melibatkan satu nama baru dalam pemenerima suntikan dana US Advanced Manufacturing Fund-nya. Penerimanya yakni Finisar, sebuah perusahaan yang membuat teknologi vertical-cavity surface emitting laser (VCSEL).

Perusahaan Finisar mendapatkan sebuah suntikan dana sebesar USD 390 juta atau sekitar Rp 5,2 triliun, dari total dana USD 1 miliar yang ada di US Advanced Manufacturing Fund. Dana tersebut berasal dari program Apple untuk menciptakan lapangan kerja baru di perusahaan-perusahaan Amerika Serikat.

Untuk saat ini Apple sedang banyak menggunakan teknologi laser pada produk buatannyas seperti Face ID, Animoji, selfie portrait mode, dan sensor proximity di AirPods. Finisar sendiri berencana membuka pabrik baru di Texas untuk memproduksi VCSEL yang dibutuhkan Apple di produknya.

Nantinya, 100% dari teknologi VCSEL yang dipakai oleh Apple akan diproduksi di pabrik yang berlokasi di Texas. Sebelumnya, Apple menyuntikkan dana USD 200 juta untuk mendukung Corning dalam membuat kaca pelindung ponsel.

US Advanced Manufacturing Fund adalah program yang dijalankan Apple setelah presiden Donald Trump memaksa Apple untuk memindahkan produksi iPhone ke AS. Jadi, meski Apple tak merakit iPhone di AS, mereka tetap berkontribusi terhadap industri manufaktur di negeri asalnya itu.

Suntikan dana ke pembuat teknologi laser ini muncul tak lama setelah beredar rumor kalau Apple akan menggunakan sensor 3D berbasis laser di iPhone keluaran 2019. Laser ini digunakan untuk pengukuran yang lebih akurat terhadap penggunaan augmented reality, Jumat (15/12/2017).

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *